Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Thursday, January 14, 2010

Pengertian Sistem
Satu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian atau subsistem-subsistem yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan. 
Susunan kesatuan-kesatuan yang masing-masing tidak berdiri sendiri, tetapi membentuk satu kesatuan secara keseluruhan. Atau susunan yang teratur dari suatu teori, asas suatu mekanisme misalnya pemerintah, jalannya suatu organisasi”. 
Suatu kesatuan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai sasaran. Semua sistem harus mengarah bagian-bagiannya tercapai sasaran yang telah ditetapkannya dan pengendalian merupakan proses pengaturan yang digunakan oleh sistem untuk mengoreksi setiap penyimpangan dari suatu jalur dan mengarah kembali menuju sasaran.”

Pengertian Informasi  
Data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.  
Data yang sudah diolah, dibentuk, atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu  
Hasil dari pengolahan data yang secara prinsip memiliki nilai atau value yang lebih dibandingkan data mentah.   
Informasi dapat juga dianggap suatu data untuk diolah lagi dan menjadikan informasi sesuai dengan keperluan unit kerja tertentu.  
Informasi dapat juga dibuat untuk keperluan manajemen sesuai dengan unit kerjanya pada tingkatnya masing-masing.  
Informasi mempunyai tingkat kwalitas. Yang ditentukan beberapa hal antara lain:  
Akurat, informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bisa atau menyesatkan dan harus jelas penyampaian maksudnya.  
Tepat pada waktunya, informasi yang datang tidak boleh terlambat pada penerima.  
Relevan, informasi harus mempunyai manfaat bagi pemakainya.   
Lengkap, informasi berisi informasi yang dibutuhkan.  
Jelas, isi informasi bertenu dengan keperluan pemakai.
Sistem Informasi  
Merupakan kombinasi teratur dari orang-orang, hardware, software, jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang dipergunakan untuk mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.  
Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
Download Doc. Lengkapnya



Post a Comment